Analisis Sederhana EUR/USD 23 Agustus 2012

Kemanakah arah pergerakan harga EUR/USD  jika berdasarkan analisis pergerakan tanggal 23 Agustus 2012? Mari kita analisis bersama. Sebelum kita menganalisis, saya mau bertanya, bagaimana dengan transaksi berdasarkan analisis kemarin? ada yang taking profit atau kena stop loss? kalau taking profit, saya ucapkan selamat. Bagi yang kena stop loss, masih ada kesempatan berikutnya.


Analisis Sederhana EUR/USD timeframe H4 23 Agustus 2012
Timeframe H4
Mari kita lihat grafik disamping. Lihat pola candle yang dilingkari warna ungu atas, tampak harga masih membentuk trend naik. Tetapi melihat candle kedua dari kanan, nampak ekor ke atas lebih panjang dari bodi dan ekor yang di bawah, serta candle terakhir tidak menembus harga tertinggi candle sebelumnya. Maka jika berdasarkan pola tersebut, maka peluang naik ke atas agak berat. Nampak cenderung sideway. Melihat terdapat 4 candle yang mempunyai range harga yang kecil, ini merupakan kondisi sideway. Jadi kemungkinan untuk naik dan turun bisa 50:50.
Posisi garis Moving Average 12 yang masih berada di atas garis moving average 24, tetapi tidak menutup kemungkinan garis MA 12 melengkung ke bawah kemudian menyilang MA 24. Jika melihat posisinya, memang trend naik masih kuat. Hal ini didukung pula oleh indikator Parabolic SAR 0,01 dan 0,005 yang masih berada di bawah candle harga. Untuk memprediksi seberapa kuat trend naik masih bertahan, kita pertimbangkan dulu indikator Stochastic Oscilator. Nampak di dalam lingkaran ungu bawah, sudah terdapat persilangan garis indikator Stochastic Oscilator di area 100-80. Ini menunjukkan bahwa harga mengalami over bough, dan akan bearish. Jadi kemungkinan yang akan terjadi berdasarkan analisis ini, maka harga akan turun dahulu kemudian menuju naik lagi jika menembus harga tertinggi candle H4 sebelumnya. Jika berharap order BUY maka tunggu terjadi over sell dengan melihat indikator Stochastic Oscilator.
Jika berharap order sell, maka lebih baik yang aman adalah menunggu persilangan garis Moving Average.

Analisis Sederhana EUR/USD timeframe H1 23 Agustus 2012Bagaimana dengan analisis menggunakan timeframe H1? apakah sama dengan H4? Mari kita lihat gambar disamping. Melihat garis sabuk margin Bolinger Band, yang ditandai oleh lingkaran warna ungu nomor 1, nampak melengkung ke arah bawah. Kemungkinan trend mau berubah turun, ada. Sedangkan melihat rangkaian model candle, tampak pergerakan sideway di area 1.25218 hingga 1,25572. Maka peluang untuk naik dan turu bisa 50:50. Di dalam lingkaran nomor 2, posisi garis moving average 12 diatas 24, yang hal ini menunjukkan bahwa trend naik masih kuat. Tetapi perhatikan arah lengkung garis MA 12 yang mulai mendatar. Bisa saja garis MA 12, akan berubah arah, melengkung ke arah bawah hingga bisa menyilang MA 24. Jika MA 12 sudah menyilang MA 24 maka, trend berubah turun. Melihat Indikator Stochastic Oscilator, nampak arah garis akan menuju ke area 0-20 (lingkaran ungu nomor 3), maka peluang untuk turun adalah besar. Lalu bagaimana kesimpulan sementara analisis ini? jika harga tidak menembus 1,25800, maka harga akan bearish. Begitu pula jika MA 12 menyilang MA 24. Tetapi jika harga bisa menembus 1,25800, sedangkan MA 12 menyilang MA 24, maka secara jangka panjang trend masih naik, meski harga harus mengalami reversal turun lebih dahulu.

Skenario yang mungkin terjadi:
1. Buy: diatas harga 1,25800 (jangka panjang) dengan Stop loss sebesar 300 pips
2. Sell: Menunggu persilangan Garis MA 12 dan 24 di Timefrime H1, ambil 20 pips

No comments:

Post a Comment