Analisis Sederhana EUR/USD 22 Agustus 2012

Sebelum menganalisis pergerakan harga pair EUR/USD, saya ucapkan selamat bagi yang sudah taking profit sesuai analisis hari kemarin (21 Agustus 2012). Bagi yang kena Stop Loss harap bersabar, masih ada kesempatan lagi. Yang terpenting adalah manajemen mental dan finansial. Berikut analisis pergerakan EUR/USD tanggal 22 Agustus 2012 yang mana bisa digunakan untuk memprediksi arah pergerakan di masa yang akan datang.



Analisis sederhana EUR/USD time frame daily 22 Agustus 2012
Mari kita lihat berdasarkan time frame Daily. Amati gambar disamping! pertama kita analisis model candle. Jika melihat 2 candle terakhir (21 dan 22 Agustus 2012), maka peluang untuk naik lebih besar daripada menurun. Hal ini tidak menutup kemungkinan untuk tanggal 23 Agustus untuk turun. Tetapi peluang untuk beberapa hari kedepan, trend bullish lebih besar dari turun. Kedua, lihat lingkaran nomer 1, yang ditandai lingkaran tersebut adalah arah garis margin Bolinger Band periode 24. Penilaian dari penandaan ini adalah, jika garis tersebut melengkung melebar maka memberi kesempatan harga untuk menjauh dari harga sebelumnya. Dan disini nampak melengkung ke atas, berarti harga berpeluang naik ke atas adalah besar. Kemudian lihat pula lingkaran ungu nomer 2. Amati arah garis Movinga Average 12 dan 24 nampak searah melengkung ke atas. Hal ini menunjukkan trend up masih besar. Parabolic SAR juga mendukung untuk trend bulish. Lalu bagaimana dengan Stochastic OScilator? perhatikan lingkaran nomer tiga!, arah garis indikator stochastic masih menuju ke atas, kemudian jarak kedua garis masih lebar, jadi peluang untuk turun masih kecil. Tetapi perlu diperhatikan bahwa haris tersebut sudah berada di area 80-100 (area overbough). Jadi kesimpulan sementara adalah trend masih bullish, kemungkinan target adalah 1,26050.

Analisis sederhana EUR/USD time frame H4 22 Agustus 2012
Apakah hasil analisis H4 juga menunjukan kesimpulan yang sama? Mari kita analisis bersama-sama. Setelah bergulat di area tahanan kuat, garis 1,24700, akhirnya EUR/USD melonjak menuju target 1,25255. Jika melihat pola tersebut, maka trend up masih kuat. Hal ini didukung pula dengan arah Moving Average periode 12 (lime) dan 24 (blue sky) yang mengarah ke atas. Posisi MA 12 berada di atas MA 24, maka indikator ini menunjukkan trend up yang kuat. Bagaimana dengan Parabolic SAR dan Stochastic Oscilator? Parabolic SAR periode 0,005 dan 0,01 berada di bawah harga running, berarti trend up sangat kuat. Jika kita melihat indikator Stochastic oscilator, di dalam lingkaran nampak terjadi persilangan, yang mengubah arah turun menjadi hendak naik. Jadi berdasarkan time frime H4, masih mengindikasikan trend up.

Analisis sederhana EUR/USD time frame H1  22 Agustus 2012
Di time frame H1 nampak perubahan trend dari side way ke up, setelan terkena efek fundamental FOMC. Meski pada saat pasar Amerika, harga EURO sempat melemah terhadap USD sebesar hampir 30 poin. Nah jika kita melihat candle tersebut, peluang untuk naik lebih besar dari pada turun. Jika melihat arah Moving Average, nampak kedua garis tersebut setelah bersilangan menuju atas, jadi trend bullish baru saja terbentuk. Parabolic SAR juga mendukung kuat harga untuk bergerak naik, terbukti dengan posisi kedua Parabolic SAR periode 0,005 dan 0,01 di bawah harga running. Begitu juga dengan Stochastic Oscilator, nampak hendak memasuki area 80-100. Jadi masih ada kesempatan untuk naik lagi.
Jadi kesimpulannya, Trend naik lebih kuat daripada trend turun maupun sideway.
Skenario
1. Buy,  Buy di atas harga 1,25370, taking profit di area sekitar 1,25565 dan 1,25727
jika harga turun hingga 1,24875, maka pasang buy stop di 1,25000
2. Sell. sell di bawah harga 1,22822
Demikian analisis sederhana, analisis ini tak sepenuhnya benar. Saya penulis hanya  menganalisis berdasarkan disiplin ilmu.

No comments:

Post a Comment