Analisis Sederhana EUR/USD 10 September 2012

      Setelah pekan kemarin, terjadi penguatan harga EURO terhadap USD, pada hari Jumat tanggal 7 September 2012, setelah berita Non Farm Payroll USA yang mengindikasikan melemahnya perekonomian Amerika Serikat, hingga harga bisa menembus harga tertinggi candle terpanjang yang terdekat dalam time frame mingguan yaitu candle minggu terakhir bulan Juni 2012, maka tanggal 10 September 2012 ini mengalami reversal (turun). Apakah setelah tanggal 10 September, harga akan lanjut turun sesuai arah trend turun (berdasarkan time frame weekly)? atau masih lanjut naik sesuai analisis time frame harian?


Analisis Simpel EU R/USD time frame Daily September 2012
Time frame Daily
     Jika berdasarkan time frame daily atau harian, Garis indikator Moving Average baik periode 12 maupun 24 masih sejajar dan searah menuju atas, tidak ada penampakan pembelokan arah dan posisi periode 12 di atas 24. Begitu pula indikator Parabolic SAR, baik periode 0,005 dan 0,01 berada di bawah harga running. Tetapi indikator Stochastic Oscilator  berada di area 100-80 meski belum menyilang (lingkaran nomer 2), Harga pembukaan hari ini juga berada di bawah harga penutupan hari sebelumnya, kemungkinan untuk turun juga cukup besar. 

Analisis Simpel EUR/USD time frame H4 10 September 2012
Time Frame H4
Bagaimana analisis dengan sudut pandang time frame H4? Lihat gambar disamping. Dari pola 6 candle (lingkaran nomer 1) nampak pola sideway. Belum ada candle yang menunjukkan harga menembus harga tertinggi minggu kemarin yaitu 1,28150. Sedangkan Indikator Moving Average dan Parabolic SAR masih menunjukkan arah trend naik yang kuat (lihat arah kedua indikator tersebut). Hal ini berlawanan dengan Indikator Stochastic OScilator, yang menunjukkan harga dalam kondisi bergerak turun. Jika berdasarkan analisis time frame H4 ini, maka jika berharap akan melakukan aksi beli, maka tunggu Stochastic Oscilator menunjukkan over sell atau akan terjadi bullish (persilangan di area 0-20), atau harga sudah menembus 1,28150. Jika menginginkan aksi jual, maka tunggu adanya persilangan garis indikator Moving Average yang mana periode 12 berada di bawah periode 24.

Analisis Simpel EUR/USD time frame H1 10 September 2012
Time frame H1
     Pada grafik time frame H1, sejak pembukaan pasar Asia, harga masih sideway, bahkan pada sesi pembukaan Eropa, garis indikator moving average mengalai persilangan, tetapi kedua arah garis tersebut masih mendatar, tidak melengkung secarra signifikan. Harga juga belum bisa menembus harga tertinggi hari sebelumnya dan belum juga pula menembus harga terendah dari candle terpanjang yang terdekat ( lingkaran nomer 1). Indikator parabolic SAR, menunjukkan harga akan berubah ke trend turun, sedangkan Stochastic OScilator menunjukkan harga masih berusaha untuk bergerak naik (lingkaran 2).  Berdasarkan analisis time frame ini, maka peluang untuk berikutnya adalah sideway. Jika menembus harga 1,27700 maka kemungkinan besar harga akan lanjut ke 1,27550. Kemudian jika tembus harga 1,27500 maka bisa melanjutkan lagi ke 1,27200. Apabila diikuti arah garis Moving Average 24 (blue sky yang tengah) yang melengkung ke arah bawah, maka harga berubah turun. Tetapi jika harga bisa menembus 1,28200 dan  garis MA 12 berubah posisi menjadi berada di atas MA 24 maka melanjutkan trend naik.

No comments:

Post a Comment