Analisis EURUSD akhir tahun 2012

        Analisis ini ditujukan untuk memprediksi pergerakan harga EUR/USD hingga bulan Desember 2012. Dasar analisis ini menggunakan time frame monthly atau candle bulanan. Jika melihat pergerakan harga sejak bulan Maret 2011, trend menunjukkan turun hingga mencapai 1,2050 di bulan Juli 2012. Nampak harga akan berusaha menembus level 1,1900 (yang sempat ditembus di bulan Juni 2010). Kemudian harga bergerak naik lagi, hingga puncaknya pada bulan September 2012. Apakah sampai akhir tahun 2012 trend masih melanjutkan turun lagi? Mari kita analisis menggunakan time frame Monthly

Analisis Sederhana EUR/USD Monthly akhir 2012
Time frame bulanan 2012
       Jika melihat time frame Monthly, selama bulan Oktober kemarin, harga naik, tetapi sejak awal bulan Nopember ini, 3 hari pertama,  harga bergerak turun. Apakah di bulan Nopember 2012 ini harga bergerak turun? ataukah akan melanjutkan trend naik sejak Agustus 2012?. Jangan terburu menyimpulkan. Kita harus mempertimbangkan indikator. Menurut indikator arah trend, dalam hal ini Moving Average dan Bollinger Band, menunjukkan trend dalam beberapa bulan ke depan adalah sideway dengan kecenderungan turun. Garis marka bolinger band (moving average 24) nampak menunjukkan arah lurus mendatar, tak berbelok naik ataupun turun. Hal ini menunjukkan bahwa harga masih bergerak sideway (lingkaran no 3). Tetapi garis indikator moving average 12 sudah menyilang di awal bulan Mei 2012 (lingkaran no 2) sehingga mengindikasikan bahwa trend adalah turun. Bagaimana dengan indikator lainnya? apakah mengindikasikan untuk turun?. Parabolic SAR periode 0,005 dan 0,01 berada di atas harga running, hal ini menunjukkan trend turun (lingkaran no 1), sedangkan stochastic oscilator justru menunjukkan indikasi yang berlawanan. Kedua garis indikator stochastic oscilator menunjukkan arah naik menuju area 80-100 (lingkaran no 4). 

     Jadi bagaimana kesimpulan analisis ini? Menurut 3 indikator arah trend, Bolinger Band menunjukkan sideway, sedangkan moving average dan parabolic sar mengindikasikan turun. Menurut indikator oscilator, mengindikasikan harga masih berpeluang besar untuk naik. Jadi kemungkinan besar adalah sideway dengan kecenderungan turun. Jika ingin melakukan aksi jual, bisa dilakukan saat ini, atau menunggu indikator oscilator menunjukkan overbough (bearish) atau garis indikator Stochastic oscilator saling menyilang dan berubah arah ke bawah. Jika ingin melakukan aksi beli, lebih baik tunggu persilangan moving average 12 dengan 24.

Skenario yang mungkin terjadi
Sell: Sell sekarang dengan target di 1,27000, jika tembus maka peluang akan menuju 1,26000.
Buy: Buy di harga 1,33800, atau menunggu persilangan moving average, jika ingin lebih aman.

No comments:

Post a Comment