Analisis EUR/USD 13 Agustus 2012

Hari ini tanggal 13 Agustus 2012, harga menembus 1,22600 hingga menyapai 1,23729, sesuai dengan prediksi hasil analisis saya di postingan sebelumnya. Saya ucapkan dulu selamat bagi yang taking profit sesuai prediksi hasil analisis sederhana . Lalu bagaimana dengan prediksi signal untuk berikutnya? Mari kita analisis bersama secara sederhana lagi.


      Pertama kita lihat grafik pergerakan harga EUR/USD menggunakan timeframe candle weekly atau mingguan. Lihat gambar disamping, nampak pekan kemarin sempat terjadi penurunan setelah mencapai harga tertinggi dalam 4 minggu terakhir, meski harga pembukaan diatas penutupan candle minggu sebelumnya. Harga tertinggi di 1,2422, kemudian turun hingga 1,22409, lalu ditutup di harga 1,22885 yang nota bene dibawah harga pembukaan candle minggu sebelumnya. Jika melihat pola candle tersebut, peluang turun masih besar. Sedangkan awal minggu ini harga pembukaan di atas harga penutupan 1,22885 yaitu di harga 1,22895. Apakah minggu ini akan naik menuju harga 1,23907? mari kita lanjut analisis. Jika kita melihat indikator Moving average, garis MA 12 di bawah MA 24, dan arah kedua garis MA tersebut masih lurus miring ke arah bawah, belum nampak lengkungan atau belokan yang signifikan. Maka peluang untuk turun sangat besar daripada naik. Begitu pula didukung oleh Parabolic SAR 0,005 dan 0,01. tetapi berbeda dengan Indikator Stochastic, yang menunjukkan peluang harga untuk naik lebih besar. Tergantung dari disiplin tradernya, jika dia menggunakan disiplin indikator MA maka dia akan pasang sell untuk jangka panjang, dan bisa pasang buy jika dia memandang dari Stochastic. Yang paling aman adalah menunggu waktu yang tepat untuk membuka posisi, jika  berharap harga turun, ya menunggu indikator semua mendukung turun, atau pula sebaliknya jika ingin memasang posisi buy.

Analisis EUR/USD Candle Daily Agustus 2012 minggu Kedua   Bagaimana dengan analisis menggunakan Candle timeframe Daily. Jika melihat model candle, nampak akan terjadi reversal bulish atau naik. nampak candle hari Jumat tanggal 10 Agustus 2012 berbentuk hammer kemudian hari ini terdapat candle bullish. Jadi peluang untuk naik lebih besar untuk beberapa hari berikutnya. Jika melihat indikator moving Average, Garis MA 24 (blue sky) nampak hendak melengkung ke atas, kemudian MA 12 sudah menyilang MA 24. Begitu pula Parabolic SAR, kedua indikator PArabolic SAR masih di bawah harga Running. Tetapi indikator Stochastic OScilator (5,3,3) menunjukkan kecenderungan turun masih besar. Jadi kesimpulan sementara, peluang untuk naik atau bulish lebih besar dari turun bearish. Posisi yang baik adalah Buy saat Stochastic hendak menunjukkan naik.


Analisis EUR/USD Candle H4 13 Agustus 2012      Jika grafik timeframe H4, nampak terjadi reversal bearish setelah terjadi lonjakan. Jika melihat Candle, peluang naik masih besar. Sedangkan berdasarkan indikator Moving Average, sepintas nampak trend masih besar peluangnya untuk turun. Garis MA 24 masih lurus tanpa belokan, ke arah bawah. tetapi MA 12 sudah mulai melengkung ke atas. Jadi peluang untuk menyilang adalah besar. Indikator Parabolic SAR 0,005 (hitam) di bawah harga running, sedangkan 0,01 berada diatas. Melihat indikator Stochastic oscilator, terjadi persilangan di dekat area 100, kemungkinan mau turun lebih besar. Dari grafik ini disimpulkan keadaan sideway, jika MA 12 menyilang 24, maka kecenderungan naik lebih besar.

Analisis Candle H1  EUR/USD 13 Agustus 2012     Bagaimana dengan Timeframe H1 untuk melihat trend jangka pendek hingga semi long term? Jika melihat dari candle nampak keadaan sideway sejak pukul 11:00 pm. Jadi peluang naik dan turun sama-sama besar. Jika melihat indikator Moving average dan Paraboloc SAR  serta Stochastic, ketiganya masih menujukkan trend Bullish yang kuat. Lalu apa yang harus dilakukan? Sell atau Buy? jawabannya tergantung tradernya. Jika Ia menginginkan buy atau berharap naik, menunggu moment yang tepat untuk BUY, begitu pula sebaiknya. Tergantung juga cara pandang mereka, bisa saja secara long term, trend nampak masih turun, maka  trader membuat keputusan untuk sell, begitu pula yang menggunakan cara pandang short  term yang membuat trader melakukan aksi buy karena secara analisis mereka menganggap arah trend adalah naik,


Dari analisis ke-empat grafik tadi, skenario yang mungkin terjadi
1. Buy diatas harga 1,23600 dan taking profit terdekat adalah 1,23900 dan 1,24250, Stop Lost di harga 1,22811
2. Sell Jika harga 1,22811 dan Taking profit di 1,22600, 1,22251. Stoploss di 1,23130


No comments:

Post a Comment